[Part 2] Buku Nibrasul Mukminin (pelita untuk para mukmin) 100 sabda Nabi Muhammad S.A.W

34. Setiap agama mempunyai ciri-ciri tertentu berkenaan dengan moral dan ciri-ciri tertentu dari Islam adalah sederhana dan rendah hati. (Ibnu Majah )
35. Kunci masuk surga adalah sembahyang Lima waktu setiap hari dan kunci untuk melakukan sembahyang setiap harinya adalah berwudu. (Ahmad)
36. Menggosok gigi adalah untuk membersihkan mulut, dan pekerjaan itu akan mendapat ridho Allah. (Nisa-i)
37. Apabila seseorang diantara kamu bangun tidur janganlah mencelupkan tangannya ke dalam penampung air (ember), sebelum ia mencuci tangannya tiga kali, karena ia tidak mengetahui apa yang dipegang oleh tangannya sewaktu tidur. (Bukhari dan Muslim)
38. Batas antara seorang hamba (mukmin) dan

antara kufur ialah meninggalkan sembahyang. (Muslim)
39. Suruhlah anak-anakmu menunaikan sembahyang jikalau mereka telah berumur tujuh tahun dan hukumlah mereka jika mereka tidak menunaikan sembahyang setelah berumur sepuluh tahun; dan pada tingkat umur tersebut mereka harus diberitahukan untuk and tidur pada tempat tidurnya sendiri-sendiri. (Abu Daud)
40. Tempat-tempat yang disukai oleh Allah dalam kota-kota ialah mesjid-mesjid dan tempat-tempat yang Dia tidak sukai dalam kota adalah passar-pasarnya. (Muslim)
41. Barangsiapa membangun mesjid karena Allah, (yaitu untuk mendapatkan ridho Allah), maka Allah akan membangun sebuah rumah untuknya di surga. (Bukhari dan Muslim)
42. Akan tiba satu waktu ketika orang akan membicarakan urusan-urusan keduniaan di dalam mesjid-mesjid. Kamu jangan duduk dengan orang-orang demikian, karena Allah tidak akan menghiraukan mereka. (Baihaqi)
43. Sesungguhnya orang sembahyang bercakap-cakap dengan Tuhannya, maka hendaknya ia memperhatikan apa yang ia katakan. Juga harus nya selalu ingat bahwa jika Ada orang sedang sembahyang, janganlah baca Quraan dengan Suara keras . ( Ahmad)
44. Imam (sembahyang) ditunjuk untuk diikuti, apabila ia mulai takbir (membaca Allahuakbar), maka takbirlah, kamu dan apabila ia membaca ayat-ayat Al-Quran kamu harus dengarkan dengan penuh perhatian (Abu Daud), seseorang yang tidak membaca surat Al-Fatihah, tidak sah sembahyang nya. (Tarmidzi)
45. Orang yang paling baik diantara kamu adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya pada orang lain. (Bukhari)
46. Takdir (nasib) tidak dapat dirubah kecuali dengan per antaraan doa dan kehidupan (umur) tidak dapat diperpanjang kecuali dengan perbuatan baik. (Tarmidzi)
47. Tiga macam doa adalah tidak diragukan lagi diterima oleh Allah. Yaitu doa Bapak untuk anak-anaknya, doa orang musafir (dalam perjalanan), dan doa orang tersiksa. (Tarmidzi)
48. Nabi s.a.w tidak menyukai tidur sebelum sembahyang isya dan bercakap-cakap sesudahnya. ?Bukhari)
49. Sahid diampuni semua dosa-dosanya: Hal yang baginya tidak diampuni adalah hutang-hutangnya kepada orang lain. (Muslim)
50. Seseorang yang merampas sebidang tanah walaupun hanya sejengkal akan dikalungkan ke lehernya pada hari kiamat. (Bukhari dan Muslim)
51. Allah tidak pernah mengangkat seorang Nabi yang tidak menggembala kambing. Para sahabat bertanya pada beliau: dan bagaimana dengan Engkau? Beliau menjawab: Ya, saya pernah dulu menggembala kambing orang Mekah untuk upah beberapa qiraath (gobang) saja. (Bukhari)
52. Kamu bayarlah upah seseorang yang kamu upahi sebelum keringatnya kering. (Ibnu Majah)
53. Seseorang yang tidak berterimakasih pada orang yang berbuat baik, tidak mampu menyatakan terima kasihnya kepada Allah. (Tarmidzi)
54. Haruslah perhatikan bahwa setiap kamu adalah pengawas dan setiap kamu akan ditanya tentang apa yang diawasinya. Pemimpin agama, Imam yang harus membimbing manusia akan ditanya berkenaan dengan orang yang dipimpinnya dan seseorang yang harus membimbing anggota keluarganya akan ditanya berkenaan dengan keluarganya dan wanita yang harus mengurus rumah tangga Suaminya dan anak-anaknya akan ditanya berkenaan dengan rumah tangga, dan anak-anaknya. Budak yang harus mengawasi urusan harta majikannya akan ditanya berkenaan tugas yang diberikan kepadanya. Haruslah diperhatikan bahwa kamu semua adalah pengawas-pengawas dan kamu semua akan ditanya berkenaan dengan tugas yang dibebankan kepada kamu. (Bukhari dan Muslim)
55. Kamu harus hindari perasaan dengki, karena dengki akan memakan habis kebajikan sama seperti api memusnahkan kayu api. (Abu Daud)
56. Kamu dapat beranggapan bahwa perlahan-lahan (alon-alon) adalah baik untuk apa saja yang kita lakukan, kecuali dalam hal amalan yang akan memperngaruhi hidup kita di akhirat. (Abu Daud)
57. Apabila kamu berhadapan dengan sesuatu yang kamu tidak sukai, kamu harus mencoba merubahnya atau menghentikannya dengan tanganmu; dan apabila kamu tidak dapat melakukannya, kamu harus ambil tindakan dengan lidahmu; dan apabila kamupun tak dapat melakukan yang demikian, kamu harus mencoba merubahnya, setidak-tidak nya dengan hatimu, dan yang terakhir ini adalah ungkapam dari iman yang terlemah. (Muslim)
58. Dunia ini seperti penjara bagi orang yang beriman (sebab orang mukmin harus patuh kepada aturan ), dan seperti surga bagi orang kafir (karena mereka bebas tanpa terikat peraturan). (Muslim)
59. Kebahagiaan bukanlah terletak pada harta yang berlimpah. Tetapi kebahagiaan itu terletak dalam hati. (Bukhari)
60. Tiap bangsa dicoba dengan cobaan-cobaan tertentu. Harta kekayaan akan merupakan cobaan bagi ummatku. (Tarmidzi)
61. Wahai manusia, dunia ini adalah tempat persinggahanmu sementara. Orang baik maupun orang jelek makan dari situ (menggunakan bahan makanannya sesuai dengan kebutuhan nya). Tetapi janji adanya akhirat adalah suatu janji yang pasti benar. Di sana semua persoalan akan diputuskan oleh Raja yang Maha Adil dan Mahakuasa. Disana kebenaran akan dinyatakan sebagai kebenaran dan kebathilan akan dinyatakan sebagai kebathilan. Kamu haruslah bersiap menjadi anak-anak dari akhirat dan bukan menjadi anak-anak dari dunia yang sekarang ini. Kamu harus catat kenyataan bahwa setiap anak mengikuti ibunya. (Abu Naim)
62. Apabila seseorang menjadi tua , Ada dua keinginannya tumbuh makin muda, yaitu: untuk memperoleh kekayaan dan untuk hidup lebih lama. (Bukhari dan Muslim)
63. Kelas bahwa Allah tidak akan melihat tampangmu dan kekayaanmu, Dia akan lebih melihat kepada hatimu dan perbuatanmu. (Muslim)
64. Kamu (orang-orang muslim) sudah tentu akan mengikuti jejak mereka yang telah mendahului kamu, dalam setiap langkahnya sedemikian sehingga apabila Ada diantara mereka yang terperosok di lubang kadal, kamupun akan berlaku sama. Para sahabat menanyakan pada Nabi s.a.w. : Ya Rasulullah, apakah yang Engkau maksudkan kaum Yahudi dan Kristen? Beliau bersabda: Siapa lagi? (Bukhari dan Muslim)
65. Kaumku akan mengalami kejadian yang sama seperti yang dialami oleh Bani Israil. Mereka (kaum mukmin dan bani israil), akan demikian persamaannya satu sama lain seperti persamaan sepasang sepatu. Baju Israil telah terpecah dalam 72 golongan dan kaumku akan terpecah dalam 73 golongan. Semuanya akan dilemparkan ke api, kecuali satu golongan. Para sahabat menanyakan pada Rasullullah, golongan manakah itu. Beliau bersabda: “Golongan yang akan menjalankan sunnahku dan Amal perbuatan sahabat- sahabatku.” (Tirmidzi)
66. Jika Nabi Musa dan Nabi Isa masih hidup, sudah pasti mereka akan jadi pengikutku.
67. Malaikat Jibril mengatakan padaku bahwa Isa anak Mary hidup sampai berumur seratus dua puluh tahun. (Al-Yawaqit wal-jahawir)
68. Akan datang masanya tatkala Islam hanya tinggal namanya saja, dan Al Quran hanya tinggal tulisan saja (tanpa manusia mengerti dan mengamalkan akan isinya). Mesjid mesjid akan penuh dengan orang-orang tetapi kosong dari petunjuk. Ulama akan menjadi wujud yang paling buruk di bawah kolong langit ini , kekacauan akan mengalir dari mereka dan akhirnya akan kembali kepada mereka juga. (Baihaqi)
69. Zayad bin Labid r.a. Melaporkan bahwa pada suatu peristiwa, Nabi s.a.w bersabda dan memperingatkan akan terjadinya bahwa ilmu pengetahuan agama akan lenyap dari dunia ini. Saya katakan, demikian Zaid meriwayatkan: Ya Rasulullah bagaimana mungkin ilmu pengetahuan akan lenyap sedangkan kita sendiri membaca al Quran dan kita ajarkan kepada anak-anak and kita dan mereka akan mengajarkan lagi pada anak-anak mereka dan demikian seterusnya sampai kiamat. Nabi s.a.w. bersabda: Ya Zayad selamatlah untukmu . Saya pikir kamulah orang yang paling perasa di kota ini. Apakah kamu tidak lihat bahwa kaum Yahudi dan Kristen membaca Torat dan Injil tetapi mereka tidak mengamalkan ajaran-ajarannya. (Ahmad dan Ibnu Majah)
70. Islam disiarkan mula- mula di dunia ini dalam keadaan kemiskinan dan keadaan itu akan berulang kembali seperti apa yang terjadi pada permulaannya. Semoga diberkati mereka yang mau menerima keadaan ini (untuk menyiarkan islam). (Muslim)
71. Diantara ummatku akan ada satu golongan yang tetap patuh kepada perintah Allah. Barangsiapa yang mencoba melantarkan mereka, tidak akan berdaya; dan barangsiapa yang akan menentang mereka, tiada akan sanggup melakukan kejahatan apapun terhadap mereka , sampai ketetapan Allah akan berlaku, Dan mereka pun masih tetap taat kepada perintah Allah. (Bukhari dan Muslim)
72. Dalam bagian terakhir dari ummatku, akan Ada satu golongan yang akan dihargai sama seperti mereka yang mendapat penghargaan disaat- saat permulaan Islam, mereka akan mengajar orang-orang beramal baik dan mereka akan memberitahukan orang-orang untuk menjauhi perbuatan buruk dan mereka akan berdiri menentang terhadap siapa saja yang akan menyebabkan kerusuhan. (Baihaqi)
73. Persamaan dari ummatku dapat dipersamakan seperti hujan, yaitu orang yang tidak mengetahui apakah bagian permulaan yang lebih diberkati ataukah bagian terakhir. (Tirmidzi)
74. Sesungguhnya Allah yang Mahakuasa, akan menganggkat untuk ummatnya pada setiap permulaan abab, seseorang yang akan menghidupkan kembali agama mereka untuk mereka. (Abu Daud)
75. Setiap anak dilahirkan dengan tabiat yang benar, tetapi kemudian orangtuanya yang membuat dia seorag Yahudi atau seorang Kristen, atau seorang majusi. Sama saja seperti binatang betina yang melahirkan anaknya, di mana kamu tidak akan menjumpai seekor pun diantaraanya yang telinganya terpotong (maksudnya binatang melahirkan anaknya utuh dan manusialah yang kemudian memotong telinganya). (Bukhari)
76. Seseorang yang makan sampai kenyang, sedangkan tetangnnya masih lapar, bagaimana pun juga tidak dapat digolongkan ke dalam seseorang yang beriman sungguh-sungguh. (Baihaqi)
77. Walaupun seorang budak negro dengan kepala kecil, seperti kismis , diangkat menjadi seseorang yang memerintah atas kamu, menjadi seseorang yang memerintah atas kamu, menjadi kewajibanmu untuk mendengar dan mematuhinya. (Bukhari)
78. Allah tidak akan mengadakan penyakit melainkan Dia adakan pula penyembuhnya. (Bukhari)
79. Apabila Allah menganugerahi seseorang dengan kurnianya, Dia ingin melihat pengaruh kurnia-kurnia itu bagi hamba-Nya tersebut. (Ahmad)
80. Apabila kamu makan, kamu harus makan dengan tangan kanan dan apabila kamu minim harus dengan tangan kanan. (Muslim)
81. Apapun yang menimpa seorang Muslim, apakah itu suatu kesengsaraaan , sakit, susah atau suatu duka cita, malahan apakah itu tusukan dari duri sekalipun, Allah membuat itu suatu sebab guna menghilangkan kelemahan-kelemahannya. (Bukhari dan Muslim)
82. Ketika seseorang pergi mengunjungi orang sakit, seorang penyeru dari langit akan berteriak: Kamu telah berbuat baik. Semoga diberkati langkahmu dalam perjalanan ini, dan dengan perbuatan ini kepadamu telah disediakan sebuah tempat dalam surga. (Ibnu Majah)
83. Ada enam kewajiba bagi setiap orang beriman, hubungannya dengan orang berima lainnya. Kewajiban tersebut adalah : Dia harus mengunjungi saudaranya yang sakit, dia harus mengantarkan jenazah saudaranya yang wafat ke kubur, dia harus menghadiri undangan (undangan makan): dia harus memberi hormat (Assalamualaikum) apabila bertemu, dia harus mengatakan “semoga Tuhan mengasihimu “apabila bersin; dia harus mendoakan untuk kebaikan nya diwaktu hadir atau tidak. (Nisa-i)
84. Kedermawanan mendinginkan murka Allah dan mengelakkan kematian dalam keadaan yang tidak diinginkan. (Tirmidzi)
85. Yang muda harus menghormati (memberi Salam) kepada yang lebih tua; seseorang yang berjalan harus menghormat yang sedang duduk, dan mereka yang jumlahnya sedikit harus menghotmat mereka yang lebih banyak. (Bukhari)
86. Yang terbaik diantara teman-teman pada penglihatan Allah adalah siapa yang baik kepada sahabat-sahabatnya dan yang terbaik diantara tetangga-tetangga dalam penglihatan Allah adalah siapa yang terbaik kepada tetangga-tetangganya. (Tirmidzi)
87. Kamu harus senangi bahasa Arab karena tiga hal: (1). Saya seorang Arab (2). Al-Quran dalam bahasa Arab (3). Bahasa dari penghuni surga adalah bahasa Arab
88. Janganlah berkata jelek berkenaan dengan sahabat-sahabatku. Kalaupun ada seorang diantara kamu membelanjakan emas sama beratnya dengan berat gunung Uhud, itu tidak akan sama nilainya dengan yang telah mereka belanjakan dan malahan tidak sampai setengah nya. (Bukhari dan Muslim)
89. Yang terbaik diantara kamu ialah dia yang baik terhadap keluarganya dan saya adalah yang terbaik diantara kamu semua berhubungan dengan keluarga saya. (Ibnu Majah)
90. Sekiranya saya harus mengatakan kepada seseorang supaya bersujud di depan orang lain, saya harus mengatakannya kepada istri-istri untuk berbuat demikian di depan suaminya. (Tirmidzi)
91. Kamu harus rapikan pendek kumismu dan biarkan tumbuh janggutmu. (Nisa-i)
92. Haruslah ingat agar kamu tidak terlalu banyak bersumpah, jika menjual daganganmu, walaupun kamu dapat menjual lebih banyak dengan bersumpah, tetapi akhirnya perdaganganmu akan hancur. (Muslim )
93. Berusahalah memperoleh nafkah yang hal adalah hugs satu tambahan tugas kepada tugas-tugas lain terhadap Allah. (Baihaqi)
94. Haruslah tinggalkan jauh-jauh apa yang menjadi keraguan dalam pikiranmu dan lakukanlah sesuatu yang pasti benar. Haruslah diketahui bahwa kebenaran itu memberi kepuasaan sedangkan kepalsuan itu menumbuhkan keraguan. (Tirmidzi)
95. Dia yang menarik diri sendiri dari kepatuhan pada pemerintah akan bertemu dengan Allah di hari kiamat dalam keadaan bungkem tidak bisa menjawab, dan dia yang mati tanpa bai’at (kepada Imam masa itu) akan mati seperti kematian kaum jahiliyah. (Muslim)
96. Hamba Allah paling dekat pada-Nya ketika dia bersujud di depan-Nya. Maka kamu hendaknya memohon dia banyak-banyak kepada-Nya dalam sikap demikian. (Muslim)
97. Seseorang jangan pernah iri hati kepada siapapun, kecuali kepada dua orang. Pertama seseorang yang Allah telah menganugerahinya melimpah mewah dan dia membelanjakannya dalam jalan Allah. Kedua, kepada seseorang yang telah dianugerahinya dengan ilmu pengetahuan (agama) dan dengan perantaraan itu dia memutuskan hukum dengan adil dan mengajarkan kepada orang lain. (Bukhari)
98. Siapa saja yang mempunyai tiga macam sifat, Allah akan memudahkan kematiannya dan dia akan masuk surga: (1). Kasih santun kepada orang yang lemah (2). Berlaku baik kepada orangtua (3). Bermurah hati kepada bawahan pembantu dan budak-budak. (Tirmidzi)
99. Yang menyebabkan suksesnya ummat Islam dahulu, adalah keyakinan dan terpeliharanya dari cinta dunia. Dan permulaan dari kejatuhannya adalah disebabkan karena kekikiran dan banyak nya angan-angan. (Baihaqi)
100. Siapa saja yang bersolawat (berdoa untuk mendapatkan karunia Allah) bagiku satu kali, maka Allah menganugerkannya kepadanya sepuluh kurnia sebagai balasan dan sepuluh dari dosa-dosanya dihapus dan martabatnya diangkat sepuluh tingkat. (Nisa-i)
Ya Allah curahkanlah rahmat kurnia-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Muhammad. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji Mahamulia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s